Laporan Pengamatan Kegiatan Perpustakaan
Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas kuasa serta rahmat, hidayah dan inayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan perpustakaan walaupun masih jauh dari kesempurnaan.
Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Bapak H Sarka S.Pd. M.Pd. Selaku kepala sekolah SMPN 1 Arjawinangun, Ibu Daryati S.Pd selaku guru pembimbing serta kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan aktif membatu kami. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan kami selanjutnya.
Penyusun
Daftar Isi
Halaman judul ……………………….………………………………….……………… i
Kata Pengantar ……………………………………………..………………………… ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………….…… iii
Bab I Pendahuluan : ………………………………………………………………. 1
1.1 Latar Belakang Permasalahan …..………………………… 1
1.2 Tujuan …………………………………………………….………………. 1
Bab II Isi Laporan ……………………...…………...…………….….…….. 2-3
Bab III Penutup : …………………………………………….……………….……. 4
2.1 Kesimpulan ………………………………………….……..…….….… 4
2.1 Saran ………………………………………………………………..…….. 4
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Permasalahan :
Saat ini minat membaca pelajar masih rendah, tergantikan dengan adanya kegiatan yang lebih menggiurkan dari pada membaca yang dianggap membosankan bagi sekian pelajar, padahal membaca sangat banyak manfaatnya.
1.2 Tujuan :
Menumbuhkan minat membaca pelajar supaya rajin membaca dan mengutamakan belajar dari pada bermain.
Bab II Isi Laporan
Perpustakaan SMPN 1 Arjawinangun terletak diantara ruang kelas VIII F dan ruang kelas VIII Gs. Perpustakaan dikelola oleh Ibu Ratna Ningsih dan Ibu Suminar S.Pd.
Perpustakaan memiliki kebersihan dan kerapihan yang cukup.
Perpustakaan memiliki koleksi sekitar 1175 buku bacaan dan lainnya, diantaranya :
- Buku paket 50 % - Novel 5 %
- Buku cerita 8 % - Koran 4 %
- Ensiklopedi 7 % - Kamus 8 %
- Majalah 5 % - Kliping karya siswa 8 %
- Buku bacaan lain 5 %
Berdasarkan laporan dari petugas perpustakaan bahwa buku-buku yang banyak diminati para pelajar adalah buku cerita dan ensiklopedi. Melihat dari hasil pengamatan ini, maka selayaknya perpustakaan sekolah lebih banyak menyediakan buku cerita dan ensiklopedi tersebut. Diharapkan dengan gemar membaca cerita dan ensiklopedi akan memotivasi para pelajar untuk membaca buku-buku yang lainnya, terutama buku-buku pelajaran wajib.
![]() |
Banyaknya para pelajar yang lebih menggemari bacaan cerita dan ensiklopedi merupakan langkah awal untuk mengarahkan para pelajar menggemari membaca.Dorongan dari para guru bidang studi, dan pemberian tugas sangat membantu para pelajar untuk lebih giat membaca.
Jumlah pengunjung perpustakaan naik pada bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan pada bulan Romadhan kegiatan para pelajar sedikit, waktu yang seharusnya untuk ke kantin (jajan) dimanfaatkan untuk pergi ke perpustakaan dan membaca-baca.
Agar para pelajar tertarik dan lebih betah berkunjung dan membaca di perpustakaan, maka pengelolahan perpustakaan harus bisa menata ruangan, tempat buku-buku, tempat membaca, ruangan perpustakaan bersih, menarik dan nyaman termasuk kelengkapan judul-judul buku.
![]() |
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan
Agar para pelajar tumbuh minat dan rajin membaca, maka fasilitas perpustakaan sekolah harus ditingkatkan, perpustakaan harus menarik buku-buku dilengkapi, pengelolahan harus professional.
3.2 Saran
Tanggung jawab dan kesadaran siswa sangat diperlukan dalam memelihara fasisitas sekolah, Seperti setelah membaca di perpustakaan buku dan tempat duduk harus di rapikan kembali. Dengan seperti itu akan tercipta suasana yang nyaman di pepustakaan serta tidak memberatkan tugas penjaga pepustakaan. Serta dengan adanya peraturan yang tegas akan menciptakaan suasana sekolah tertib.
trima kasih yaa
BalasHapusbuat apa?
BalasHapus